Potensi Daerah

SUMBER DAYA ALAM

Secara geografis Desa Tanah Wulan adalah desa yang memiliki kawasan pertanian cukup luas yakni seluas 235 Ha Lahan, menghasilkan bebagai macam palawija diantaranya Kacang Tanah, Jagung, Cabe, Ketela Pohon, dan lainnya. Selain itu warga Desa juga banyak yang berternak sapi sehingga berpotensi untuk mengolah kotoran yang menumpuk sia-sia. Sebelum adanya Dana Desa potensi ini belum sepenuhnya diimbangi dengan prasarana yang memadai dalam pengelolaanya lahan pertanian di Tanah Wulan membutuhkan cost yang tinggi ini tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan oleh petani untuk mengelola lahannya (Impas/tidak mendapat keuntungan) salah satu sarananya yang menjadi masalah adalah akses jalan dan perarian kelahan petani.

SUMBER DAYA MANUSIA

Kehidupan warga masyarakat dari masa kemasa relatif teratur dan terjaga adatnya dengan masih menjaga tradisi gotong royong dan kerja bhakti masyarakat Tanah Wulan menjadi salah Desa yang siap melestarikan budaya-budaya leluhur. Banyak kegiatan pembangunan yang diselesaikan dengan kerja bhakti dan swadaya masyarakat sendiri keadaan ini menjadi modal penting dalam pembangunan di Desa Tanah Wulan. Secara data rata-rata usia masyarakat Desa Tanah Wulan masih masuk dalam kategori produktif sehingga memiliki Etos kerja yang tinggi.

 

SUMBER DAYA KELEMBAGAAN

Secara kelembagaan Desa Tanah Wulan memiliki kelembagaan perangkat yang lengkap dari kepala Desa Kepala Dusun, Kasi maupun Kaur dan kelembagaan yang lain baik BPD LPMD serta kelompok kelompok di Desa seperti Karang Taruna, Kelompok Tani dan Kelompok Keagaamaan. Saat ini partisipasi ibu-ibu PKK dan kader posyandu binaan bidan mulai bergeliat untuk ikut berperan serta dalam pelaksanaan pembangunan khusunya terkait dengan pelayanan Dasar, kesehatan ibu dan anak serta pendidikan usia dini. Keterlibatan ini terjadi dikarenakan atas dorongan dan stimulan yang diberikan oleh pihak Pemerintahan desa dengan memberikan bantuan insentif, operasional dan pemberdayaan yang sifatnya meningkatkan peran serta perempuan dalam proses perencanaan pembangunan Desa.

SARANA & PRASARANA

Sarana dan prasarana Desa yang telah terbangun berdampak sangat positif untuk kelancaran transportasi akses masyarakat dalam mengerakkan roda perekonomian desa, Khususnya bidang pertanian dan  terbukanya usaha-usaha ekonomi skala kecil seperti toko, pracangan, pedagang keliling warung dan lain-lain. Berbagai sarana yang telah terbangun dari berbagai sumber yaitu; Pembangunan Jalan Usaha Tani (membuka Jalan Baru), Jalan Lingkungan, saluran air/Drainase, Pembangunan Penerangan Jalan Umum.